Museum Flora dan Fauna


Gambaran Umum

Roemah Boendar  adalah salah satu tempat wisata sejarah yang dijadikan museum yang terletak di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara. Di rumah yang dibangun tahun 1945 ini, Anda akan menemukan benda sejarah peninggalan masa penjajahan Jepang dan Belanda.

Dinamakan Roemah Boendar karena bentuk bangunannya yang beratapkan bundar berbentuk setengah lingkaran memanjang berukuran 12 x 6 meter.

Rumah ini beratapkan seng yang masih asli serta tidak pernah bocor. Bangunan museum ini masih asli dan hanya dicat saja oleh pengelola, Disbudparpora Tarakan agar terlihat menarik.

Dahulu rumah yang memiliki desain yang unik ini dijadikan tempat tinggal sementara dan barak militer bagi pasukan sekutu Australia pada masa perang dunia II. Jumlah bangunannya tidak hanya satu tetapi banyak hanya saja tinggal satu ini yang tersisa dan dimiliki pemerintah.


Di dalam rumah ini terdapat berbagai dokumentasi sejarah Perang Dunia II, termasuk eksplorasi tambang pertama di Tarakan tahun 1896 oleh Belanda, dan banyak lagi dokumentasi sejarah lain yang terpajang di dindingnya.

Ada pula samurai,pedang komando Jepang, senjata api, foto-foto Tarakan tempo dulu, dan baling-baling pesawat tempur. Ada pula koleksi unik meja yang bagian atasnya batu marmer berbentuk bundar dan berwarna hijau, yang jika disenter dari bawa akan muncul gambar naga.

Terlihat pula piring-piring dan guci Cina dan ada juga pakaian adat Tarakan dan alat musik khas Tarakan ada di museum ini. 

Dibagian luar terdapat 2 buah mobil, Landrover Series 1 keluaran tahun 1950-an dan Jip Willys produksi tahun 1940-an. Mobil-mobil ini memiliki sejarah tersendiri. Salah satu mobil sempat dibangun ulang agar layak jalan dan merubah sedikit interior dari mobil tersebut.

Amenitas/Aksebilitas

  • Ditempuh dalam waktu ± 20 Menit dengan menggunakan kendaraan Roda dua / Roda Empat

Biaya

  • Sewa Motor Rp. 50.000 (Perhari)
  • Sewa Mobil Rp. 500.000 (Perhari)

Catatan

  • Buka Setiap Hari pukul 08.00 - 16.00 WITA