Bukit Yupai Semaring


Wilaya krayan terkenal dengan legenda Yuvai Semaring, seorang yang memiliki tubuh sangat besar dan mendiami wilaya Bukit yang berada di sebelah barat long Bawan.dikisahkan seorangyuvai semaring Yang hidup diatas bukit. Yuvai semaring dikenal sebagai orang yang baik hati dan sering membantu warga masyarakat di Long Bawan. Pada suatu waktu, ketika Yuvai Semaring sedang mandi disungai, dia mendapati sebuah anyaman bambu berbentuk lingkaran dengan ukuran yang sangat besar. Melihat lingkar anyaman bambu yang sangat besar ini, Yuvai Semaring berpikir bahwa dibagian hulu terdapat seseorang yang memiliki tubuh yang jauh lebih besar dari Yuvai Semaring.

Kesimpulan ini di ambil setelah Yuvai Semaring mencoba memakaikan anyaman bambu tersebut pada pergelangan tangan dan kaki. Yuvai Semaring kemudian berpikir dan merencanakan untuk lari kearah utara untuk menyelamatkan diri dari orang yang dipikirnya bertubuh lebih besar dari dirinya. Selanjutnya Yuvai Semaring melanjutkan perjalanan kearah utara untuk menghindari orang yangditakutinya tersebut. Jejak perjakanan Yuvai Semaring hingga kini masih ada dan menjadi bukti akan kebenaran kisah Yuvai Semarin. Sepeninggal Yuvai Semaring dari bukit tempat dirinya tinggal itulah menjadi awal muasal Bukit Yuvai Semaring. Bukit Yuvai Semaring memiliki ketinggian 800 meter dari permukiman long bawan. Terdiri atas 2 perbukitan yaitu bukit bagian timur dan bukit Yuvai Semaring pada daerah bagian barat. Memiliki ukuran dataran 18 x 31 meter pada bagian puncak.

Bukit Yuvai Semaring menjadi ikon daya tarik wisata pada daerah long Bawan. Pada awal pendakian terdapat tangga yang terbuat dari beton hingga pertengahan perjalanan. Setelah pertengahan perjalanan, harus menelusuri jalan setapak dengan pemandangan yang indah dengan radius 360 derajat. Dari puncak Bukit Yuvai Semaring dapat terlihat areal permukiman Long Bawan, Bandara Yuvai Semaring, permukiman terang baru dan sejumlah permukiman disekeliling Long Bawan.

Amenitas/Aksebilitas

Transportasi yang bisa digunakan hanya transportasi darat seperti mobil maupun motor kemudian ditempuh dengan jalan kaki proses pendakian membutuhkan waktu selama 40 menit.

Catatan

Menjaga kebersiahan di sekitar