Pantai Batu Lamampu


Gambaran Umum

Sesuai dengan sejarahnya, batu lamampu bermakna batu yang menyembul keluar atau batu yang hidup. Potensi keindahan alammenjadi dasar utama pengembangan batu lamampu sebagai daya tarik wisata.

Terdapat perbukitan kecil diujung pantai. Diatas bukit ini terdapat tiga batu besar utama  dan 12 batu ukuran sedang. Untuk menuju batu lamampu, pengunjung dapat menaiki anak tangga yang terbuat dari beton. Terdapat mitos bagi warga  masyarakat yang memiliki suatu keinginan dan mengikatkan tali atau kain pada akar dan batang pohon. Ikatan ini akan dilepas bilamana keinginan tersebut terkabul. Terdapat fasilitas pada yang lengkap baik sleter,toilet, warung dan tempat peristirahatan. Biaya masuk ke batu lamampu di lakukan dengan cara amal. Pengunjung memasukkan uang sumbangan pada kotak amal yang tersedia.

 

Panjang Batu lamampu adalah sepanjang 2,27 km dengan kondisipasir yang coklat cenderung hitam.  Kondisi pantai merupakan pantai yang landai dengan ombak laut dan angina cenderung kecil. Luas area l pantai relative lebar dengan ukuran hingga 65 meter. Karakteristik pantai yang cenderung berlumpur sehingga pada daerah perairan tidak ditemukan terumbu karang,pengunjung dapat menelusuri perairan tanpa takut kaki akan menginjak karang karena dasar pantai umumnya terbuat dari pasir.

Amenitas / Aksebilitas

  • Transportasi yang digunakan bisa melalui darat maupun laut, seperti mobil, motor dan speedboat. Pada jalur darat Pantai Batu Lamampu dapat ditempuh dengan perjalanan selama 1 jam perjalanan dari Pelabuhan Mantikas dan 30 menit dari Sungai Nyamuk (pusat kota Sebatik).