Sosialisasi Peraturan Gubernur Nomor 21 Tahun 2021 Tentang Pedoman Penggunaan Batik Khas Daerah Provinsi Kalimantan Utara

Jumat, 10 September 2021

Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Utara mengadakan Sosialisasi Peraturan Gubernur nomor 21 tahun 2021 tentang Pedoman Penggunaan batik Khas Daerah Provinsi Kalimantan Utara. Acara dihadiri oleh Kepala Bidang Pemasaran dan Ekonomi Kreatif mewakili Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Utara di gedung gabungan dinas ( gadis ) kota Tarakan.

Kepala Bidang Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Kaltara Fahrur Raji, S.Pd., S.E menjelaskan bahwa penggunaan batik dapat memperkenalkan dan meningkatkan potensi budaya daerah, mendorong peningkatan pemanfaatan produk dan industri daerah, promosi pemberdayaan dan peningkatan hasil produk lokal untuk kesejahteraan pelaku usaha serta meningkatkan daya saing produk.

Beliau menjelaskan bahwa di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, batik lokal digunakan sebagai pakaian dinas setiap hari Kamis dan Jumat dalam kerja dan acara resmi kedinasan serta acara tidak resmi dengan kebijakan instansi terkait. Gubernur Kalimantan Utara Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH.,M.Hum menetapkan tanggal 25 Oktober sebagai hari batik daerah Provinsi Kalimantan Utara dan pada hari kerja tanggal 25 setiap bulannya wajib memakai batik khas daerah Kaltara.

Batik yang dianjurkan dalam pergub ini adalah batik tulis dan batik cap / cetak yang dibuat oleh pembatik yang ada di Kalimantan Utara

Sumber : KISP Kaltara


Simpan sebagai :

Berita terkait :