Musik Alam Fest 2K22 dan Iraw Tengkayu Tarakan masuk Kharisma Event Nusantara 2022

Kamis, 3 Maret 2022

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republi Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, meluncurkan program " Kharisma Event Nusantara ( KEN ) 2022 " sebagai upaya membangkitkan geliat event di daerah. Kharisma Event Nusantara atau yang lebih dikenal dengan sebutan (KEN) merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf dengan pemerintah daerah melalui penyelengaraan event berkualitas. Dalam acara peluncuran “Kharisma Event Nusantara 2022” di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Selasa Sore (1/3/2022), Menparekraf Sandiaga, menyampaikan, Kharisma Event Nusantara 2022 bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan.

Pada tahun 2022 ini, Kemenparekraf menerima 319 usulan event dari 34 provinsi. Jumlah ini meningkat 17 event dibandingkan tahun 2021 sebanyak 302 usulan event. Kemudian usulan event ini dikurasi pada tahap I dan tahap II. Lalu diperoleh 171 event yang layak untuk dipresentasikan didepan kurator. Dan akhirnya, terpilih 110 Kharisma Event Nusantara 2022 yang terdiri dari Top 10 KEN dan 100 Event KEN 2022 dari 34 provinsi di Indonesia.

Setelah melewati perjalanan panjang, kabar gembira untuk sobat wisata Kaltara adalah Musik Alam Fest 2K22 dan Iraw Tengkayu Tarakan berhasil lolos dan masuk kedalam Kharisma Event Nusantara 2022. Perjalanan 2 event unggulan Kaltara ini dimulai dari mengikuti Calender of Event 2022 Kaltara yang diadakan Dinas Pariwisata Kalimantan Utara di Luminor pada bulan Desember lalu, kedua event ini berhasil masuk kedalam Top 10 COE Kaltara 2022 setelah melewati proses kurasi dan presentasi. 

Kabar gembira ini pastinya disambut hangat oleh pihak penyelenggra baik dari Musik Alam Fest maupun Iraw Tengkayu Tarakan, mereka bersemangat untuk membuat event ini lebih menarik dan spektakuler dari tahun-tahun sebelumnya, harapannya semoga dengan adanya event ini dapat memberikan hal positif untuk perkembangan perekonomian pariwisata di Kaltara.


Simpan sebagai :

Berita terkait :