Menyambut HUT Kaltara ke 9, Dinas Pariwisata Kaltara menyelenggarakan Kaltara Menyeduh 2021

Senin, 11 Oktober 2021

Dalam rangka hari jadi Kalimantan Utara yang ke 9 tahun, Dinas Pariwisata Kaltara bekerjasama dengan Bank Indonesia ( BI ) menyelenggarakan Kaltara Menyeduh 2021 dengan tema "Kopi Kaltara Maju, Petani Sejahtera ". Acara dilaksanakan pada hari ini ( Senin, 11 Oktober 2021 ) di ballroom Hotel Luminor Tanjung Selor.

Peserta yang hadir pada hari ini berasal dari beberapa kabupaten/kota seperti Tarakan, Kabupaten Tana Tidung, Kabupaten Malinau serta Kabupaten Bulungan, untuk peserta Kabupaten Nunukan berhalangan hadir yaitu dari Krayan karena diwaktu bersamaan peserta tersebut harus berangkat kembali ke Malang karena jadwal kuliah yang mengharuskan kehadirannya. Acara terbagi menjadi dua yaitu bincang kopi dan seduh kopi, karena kegiatan ini terbatas jumlah peserta yang mengikuti bincang kopi sebanyak 55 orang dan seduh kopi 36 orang.

Dalam acara Kaltara Menyeduh 2021 ini Dinas Pariwisata Kaltara mendatangkan juri utama dari Jakarta yaitu Titik Rachma. Beliau sangat berharap agar kopi lokal Kaltara dapat terus naik dan melambung sehingga bisa dikenal banyak orang.

Acara dibuka oleh Gubernur Kaltara dalam hal ini diwakilkan oleh Dinas Pariwisata Kaltara Bapak Ahmad Hairani, beliau mengajak kepada seluruh pemerintah derah, perguruan tinggi, industri, petani kopi serta stakeholder lainnya untuk lebih mengembangkan kopi Kaltara, baik dari aspek budaya, pengolahan hingga pemasaran.

Beliau menambahkan agar produsen kopi juga menggunakan dan membudidayakan kopi lokla Kaltara, dengan demikian peningkatan konsumsi lokal terhadap kopi bubuk diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah bagi UKM dan petani kopi.


Simpan sebagai :

Berita terkait :