5 Desa Wisata yang kalian harus kunjungi di Kalimantan Utara

Selasa, 5 April 2022

Desa Wisata adalah desa yang dijadikan tempat wisata karena daya tarik yang dimilikinya. Desa wisata merupakan suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung. Desa wisata disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

Desa wisata biasanya memenuhi semua unsur wisata yang memiliki potensi daya tarik, seperti wisata alam, wisata budayadan wisata hasil buatan manusia. Di Kalimantan Utara ada banyak sekali desa wisata yang ada, dan dari semuanya terdapat 5 desa wisata unggulan dari Kalimantan Utara.

Desa Wisata Sumantipal, Lumbis Pansiangan Kabupaten Nunukan

Desa Sumantipal merupakan salah satu desa di Kecamatan Lumbis Pansiangan Kabupaten Nunukan yang berbatasan langsung dengan Sabah Malaysia. Kota Keningau yang satu hamparan dengan PLBN Labang. Desa ini memiliki potensi wisata yang sangat menarik, diantaranya ekowisata dan arung giram yang eksotis dimana sejak tahun 2020 telah dibuka rafting oleh Bupati Nunukan.

Desa Wisata Ardimulyo, Tanjung Palas Utara Kabupaten Bulungan

Desa wisata Ardimulyo merupakan destinasi wisata yang menyajikan hutan mangrove yang dikelola dan dikembangkan oleh masyarakatnya dengan cara swadaya untuk mengembangkan ekonomi masyarakat sekitar. Potensiyang dimiliki yakni hidangan seafoodberupa udang dan kepiting yang memanjakan lidah pengunjung yang datang.

Desa Wisata Metun Sajau, Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan

Desa Wisata Metun Sajau adalah destinasi yang menjadi salah satu cerminan budaya masyarakat asli Kalimantan Utara khususnya suku Dayak Kenyah. Desa wisata Metun Sajau ini menyajikan berbagai pengalaman unik dan edukatif tentang kehidupan masyarakat yang masih terpelihara dan dilestarijan secara turun temurun.

Desa Wisata Pulau Sapi, Mentarang Kabupaten Malinau

Budaya Pulau Sapi terdiri dari berbagai sektor antara lain pengrajin anyaman, batik sovenir hingga kuliner. Desa Pulau Sapi mayoritas warga Dayak Lundayeh ini memiliki kekayaan seni dan budaya yang tinggi. Potensi dari desa ini adalah memiliki daya tarik ekowisata alam seperti air terjun Semolon, Susur Sungai Mentarang dan potensi wisata budaya serta kuliner.

Desa Wisata Setulang, Malinau Selatan Kabupaten Malinau

Desa Wisata Setulang adalah desa wisata yang memiliki budaya khas yang masih dilestarikan dan dapat dilihat sampai saat ini, warga desa masih mempertahankan bahasa, hukum adat dan budaya masyarakat dalam kesehariannya. Potensi yang ada di Desa Setulang adalah hutan adat yang namanya adalah Tana'Ulen. Dalam hutan tersebut terdapat pohon besar dengan diameter 9,27m.

 

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :